Inspirasi

Senin

Tata krama, Tata Tertib, dan Etika Pergaulan di Sekolah

Tata krama, Tata Tertib, dan Etika Pergaulan di Sekolah

     Dunia pendidikan bukanlah sesuatu yang tugasnya hanya mengubah siswa untuk menjadi pintar, cerdas, kreatif, ataupun lainnya. Dunia pendidikan juga harus bisa meningkatkan kualitas Budi Pekerti yang meliputi Tingkah Laku, Perangai, dan Akhlak.

      Siswa merupakan orang/anak yang dalam negara termasuk dalam generasi penerus yang paling menentukan. Karena itu dunia pendidikan diharapkan dapat mencetak generasi penerus yang sebaik mungkin,secerdas mungkin, dan sesempurna mungkin. Penyempurna yang paling penting dalam dunia pendidikan adalah sebuah Moralitas/ Budi Pekerti.

“Jika moralitas bangsa baik, maka Indonesia akan jadi bangsa yang bermoral dan beradab. Jika tidak, maka bangsa Indonesia akan Hancur”


Tata Krama dapat diartikan sebagai kebiasaan sopan santun yang disepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia ditempat tertentu.

Tata Krama terdiri dari beberapa aspek diantaranya : 
  • ·         Ketakwaan : Buatlah kebiasaan berdoa saat berada dimanapun dan kapanpun waktunya.
  • ·         Sopan Santun Pergaulan : Biasakanlah mengucapkan “Terimakasih” dan meminta maaf jika merasa melakukan kesalahan terhadap seseorang. Selain itu, gunakanlah bahasa yang sopan.
  • ·         Kedisiplinan dan Ketertiban : Konsistenlah dalam melakukan aturan, Tepat waktu dalam mengikuti kegiatan, dan budayakan mengantri.
  • ·         Kebersihan,Kesehatan, dan Kerapian : Buanglah sampah pada tempatnya, jagalah kesehatan badan, berpakaianlah yang rapi.
  • ·         Keamanan
  • ·         Kejujuran : Membiasan diri berkata benar, tidak menfitnah, tidak menyontek, tidak berbohong, dan selalu menepati janji.
  • ·         Tanggung Jawab : melaksanakan tugas dengan penuh kesadaran dan keikhlasan.
  • ·         Kebersamaan: Peduli terhadap sesama, sering silaturahmi, Kerja bakti
  • ·         Keadilan : menghargai orang lain, gampang memuji.



“Kehilangan harta benda, uang, atau lainnya sesungguhnya kita tidak kehilangan apapun.. Namun bila kita telah kehilangan KARAKTER berarti kita telah kehilangan segalanya”

1 komentar:

  1. Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

    BalasHapus

Silahkan coment dibawah ini, kalo bisa kritik dan sarannya juga yah..