Inspirasi

Sabtu

Cara Instal Theme Vista

vistaCara Instal Theme Vista
Kali ini saya akan coba membahas cara instal theme di Vista yang agak sedikit lebih ribet dari pada instalasi theme di XP.
Keduanya memang mewajibkan patch UI (user interface) karena dari pihak Windows sengaja “mengunci” user interface untuk alasan stabilitas OS.
Patch UI di Vista sendiri, agak lebih ribet karena harus mengganti beberapa file system modifikasi secara manual. Thank God ada Vista Glazz 8)
Pada dasarnya, Vista Glazz adalah software yang mengerjakan Patch UI Vista secara otomatis. Software ini sangat praktis untuk memudahkan kita mengganti theme Vista bawaan, dengan theme yang kita inginkan.
Oke.. untuk memulai, tentu saja kita memerlukan software VistaGlazz yang bisa didownload disini:
http://www.codegazer.com/downloads/VistaGlazzSetup.exe
Atau disini:
Download.com
Sesudah didownload, instal VistaGlazz dengan mengikuti petunjuk-petunjuk yang ada. Atau tinggal pake jurus next-next-till-the-end, hehe :D
Setelah instalasi selesai, buka VistaGlazz-nya. Anda akan mendapat ucapan selamat datang, dan persetujuan bahwa CodeGazer selaku pembuat software tidak bertanggungjawab atas segala kerusakan yang mungkin terjadi jika anda menggunakan fitur VistaGlazz. Kalo setuju, klik “I Agree”
Sesudah itu, agar proses lebih cepat kita gunakan fitur all-in-one process dengan cara klik icon kedua dari kiri:
Perhatikan gambar “perisai perak” yang ada di icon pertama dan kedua masih kosong. Hal ini berarti system UI Vista kita belum dipatch. Sesudah icon kedua di klik, maka kita akan dibawa ke halaman “Patch Style”. Langsung klik patch style seperti pada gambar:
Nah, setelah itu akan muncul warning bahwa langsung patch style tanpa mem-patch system akan mengubah UI Vista ke tampilan klasik. Jadi kita diberikan untuk melakukan semuanya sekaligus. Langsung saja klik “Patch evertything at once”:
Setelah itu, kita diharuskan untuk melakukan reboot.
Sesudah reboot, buka kembali VistaGlazz anda. Jika proses yang berlangsung sudah benar, maka seharusnya icon pertama dan kedua sudah memiliki “perisai hijau” dengan tanda checklist, dengan window yang terbuka adalah seperti ini:
Selamat! VistaGlazz anda sudah berfungsi sebagaimana mestinya :D . Jika ke depannya anda berencana untukmengembalikan setting UI anda ke default vista (misalnya karena OS anda menjadi tidak stabil atau yang lainnya), bisa dilakukan dengan cara meng-klik icon pertama, lalu klik “unpatch files”:
Oke. Jika urusan VistaGlazznya sudah selesai, sekarang kita bisa mengubah tampilan/theme kita dengan theme dari pihak ketiga. Untuk mencari theme Vista yang mantep-mantep, bisa cari di google: “Free Vista Theme”
Jika sudah ada theme yang cocok dihati, download themesnya dan baca “readme.txt” yang ada di file bawaan tersebut. Beberapa themes mengharuskan beberapa setting tambahan dan perlakuan khusus.
Nah yang akan saya bahas kali ini adalah menginstal themes “standar”, yang biasanya terdiri dari satu folder, dengan 2 files yaitu satu folder shell dan 1 file windows visual style.
screenshot066
Folder themes tadi dicopy ke C:/Windows/Resources/Themes/, sehingga nantinya akan tampak seperti ini:
Nah sesudah itu, buka folder tadi dan klik 2 kali untuk membuka windows visual style dengan icon kuas cat :D Sesudah itu akan keluar window “Appearance Settings”. Di situ nantinya akan ada 2 “Windows Aero”. Salah satunya adalah Aero standar Vista, sedangkan yang lain adalah Theme baru anda.
Pilih salah satu, kemudian klik “Apply”. Jika Vista masih sama seperti tampilan awal, berarti pilih “Windows Aero” yang satunya lagi. Jika berhasil, maka…
Tadaaa…! :D Selamat, vista anda sudah berubah bentuk, hehehe…
Berikutnya kita akan membahas cara instal RocketDock beserta StackDockletnya biar bisa seperti ini:
See you on the next post,
Selamat mencoba :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan coment dibawah ini, kalo bisa kritik dan sarannya juga yah..