Inspirasi

Senin

Asal Usul Persebaran RAS DI Indonesia

Asal Usul Persebaran RAS DI Indonesia
Sebagai warga negara Indonesia yang Baik..(hehehe..) nggak asik kan kalo kita nggak tau persebaran Ras yang ada di negara kita tercinta Indonesia. Sebelum kita memperlajari lebih lanjut, kita harus tau dulu donk... apa itu Ras? Hayo.. jangan2 nggak tau nich.. apa itu ras. Kalo nggak tau berarti kita senasib donk  hehe..
Menurut pendapat para ahli ras adalah:
1.  Bruce. J. Cohen
Katagori individu yang secara turun temurun memiliki ciri-ciri fisik dan biologis tertentu yang sama.
2.  Horton dan Hunt
Kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok yang lainnya dalam segi ciri-ciri fisik bawaan.
3.  Alexo Thio
Sekelompok orang yang dianggap oleh masyarakat memiliki ciri-ciri biologis berbeda.
Jadi dapat disimpulkan pengertian ras adalah identifikasi secara fisik. 
Nah sekarang udah tau kan. Untuk ras itu sendiri di dunia menurut pendapat A. L Kroeber membagi ras kedalam lima kelompok yaitu:
A. Ras Negroid
B. Ras Mongoloid
C. Ras Kaukasoid
D. Ras Austroloid
E. Ras Khusus
Nah sekarang tebak indonesia itu termasuk Ras apa? Untuk Indonesia, terdapat beberapa gelombang migrasi ras yang terjadi empat kali gelombang migrasi dimulai dari:  
1.Ras negroid : suku sakai (sisak), suku-suku di Papua dan pulau Melanesia
2.Ras weddoid : Maluku dan Nusa Tenggara Timur (Kupang)
3.Ras proto melayu: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa  Barat, Jawa Tenggah, Jawa Timur,
Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sebagian Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi tenggah.
4.Ras duetro melayu : Riau, Minangkabau, Palembang, Lampung, Dayak, Toraja, dan Manado.

Dengan adanya beberapa gelombang migrasi ras ke Indonesia, ini mengakibatkan Negara Indonesia menjadi sebuah Negara yang multikultur. Salah satu keberagaman tersebut adalah dalam bentuk bahasa. Apa itu bahasa? Bahasa merupakan perlambangan manusia untuk berkomunikasi baik lisan maupun tulisan. Lalu Indonesia termasuk rumpun mana dan menggunakan bahasa apa? Indoneisa sendiri termasuk ke dalam rumpun bahasa Austronesia yang merupakan rumpun bahasa terbesar di dunia yang akar dari bahasa ini berasal dari daerah Cina Selatan dan kemungkinan besar disebarkan oleh bangsa Yunan. Pengelompokan bahasa tersebut didasarkan pada hal apa? Para ahli mengelompokan sub bahasa yang ada di dunia itu berdasarkan kesamaan dan keterkaitan yang dilakukan dengan pengamatan fonologi, tata bahasa, dan kosakata. Dengan pengamatan itulah Indonesia dimasukan ke dalam rumpun bahasa Austronesia sub kelompok Melayu-Polinesia. Apa itu melayu? Secara etimologi “melayu” berasal dari bahasa sangsekerta “Malaya” yang berarti bukit atau tanah tinggi. Darimanakah asal usul bahasa melayu ini? Terdapat dua pendapat mengenai asal usul bahasa melayu ini yaitu:
A. Melayu berasal dari Asia Tengah
1. R. H. Geldern
2. J. H. C. Kern
3.  W. Marsden
4. W. Humboldt
5.  Slametmuljana
B.Melayu berasal dari Kepulauan Melayu
1.  J. Crawfurd
2. Sultan Takdir Alisjahbana
3. Gorys Keraf

Nah, berhubung tangan saya dah keriting. Cukup ampe sini aja ya.. semoga aja pengetahuan kalian jadi bertambah dech.. Bagi yang punya ilmu yang lain mengenai ini, silahkan komen yah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan coment dibawah ini, kalo bisa kritik dan sarannya juga yah..