Inspirasi

Minggu

Cara Memperpanjang Umur Baterai Laptop

Cara Memperpanjang Umur Baterai Laptop
Apakah Anda memiliki Laptop ato Netbook ?
Kalau Anda mempunyainya, Anda pasti  mengetahui pentingnya baterai pada laptop Kita. Kita mengetahui bahwa kinerja keseluruhan sistem tergantung banyak pada daya baterai. Semakin banyak waktu siaga baterai, itu memberikan kenyamanan dalam penggunaan laptop. Tetapi untuk menjaga baterai tahan lama anda perlu melakukan perawatan yang baik itu. Ada beberapa panduan yang dapat membantu dalam meningkatkan kinerja baterai dan tetap tahan lama.
Tips untuk meningkatkan masa pakai baterai
1. Selalu Memakai AC Adaptor
Sederhana saja! Jika Anda berada di tempat tidur, meja atau sofa dan tempat nokrong Anda maka Anda harus selalu terhubung dengan AC Adoptor. Alasannya sederhana – ketika daya AC dalam keadaan ON, baterai tidak akan digunakan. Selama menjalankan laptop dengan menggunakan daya listrik langsung dapat menyimpan pengisian baterai secara keseluruhan.
2. Keep it Cool
Jaga ventilasi kipas CPU. Jika ventilasi yang berada di bawah tubuh laptop, maka pastikan Anda menempatkannya di atas permukaan yang tidak menyimpan panas. Ini menjaga aliran udara di bawah  membantu dalam membuang panas dari ventilasi. Ingat panas akan memaksa kipas angin untuk memutar lebih cepat yang akan membutuhkan daya baterai lebih.
3. Kontrol CPU Speed
Anda dapat mengontrol atau meminimalkan kecepatan CPU jika Anda memakai baterai laptop.
Untuk melakukan ini:
Buka Control Panel> Power Options dan Pilih “Balanced” atau “Power Saver” profil untuk menjaga CPU dengan kecepatan minimum.
Ini paling baik jika Anda bekerja pada aplikasi tunggal seperti MS Office atau hanya mengetik atau menonton film. Anda dapat membuat profil kustom untuk pengaturan daya dengan mengklik “change plan settings” .
4. Tambahkan RAM
Rendahnya jumlah RAM memaksa CPU untuk membuat virtual memory dalam hard drive. Mengakses file dari hard drive membutuhkan daya baterai lebih banyak. RAM tidak hanya membantu lebih cepat mentransfer data ke CPU, tetapi juga lebih ringan sumber daya listrik dan mengkonsumsi daya baterai jauh lebih sedikit.
5. Gunakan Hibernation Mode
Modus Hibernation ini berguna bila Anda menggunakan baterai pada laptop. Hibernate sedikit berbeda dari standby di mana sistem ini benar-benar menutup tetapi program tetap dibuka dan data dalam memori. Jadi, daripada menggunakan standby mencoba untuk hibernate ketika baterai.
6. Kecerahan Layar rendah
Layar LCD dan harddisk adalah dua perangkat yang paling memakan daya pada notebook. Mematikan layar menghemat banyak daya baterai saat Anda. Peredupan juga menghemat baik jumlah pengisian daya baterai. Selalu ada jalan pintas / fungsi tombol yang diberikan pada semua laptop untuk mengendalikan secara langsung kecerahan layar.
7. Matikan Hardware Internal yang tidak digunakan
Selain hard drive ada perangkat keras lain internal yang mengkonsumsi jumlah besar. Wifi dan bluetooth selalu selalu dalam keadaan ON dan mencari jaringan aktif sekitar. Ketika mereka tidak digunakan, lebih baik di matikan saja.
8. Plug Perangkat Eksternal
perangkat USB, seperti flash drive, keyboard mouse eksternal, coolpad dan sebagainya adalah sumber eksternal terbesar yang mengalir keluar dari baterai. Jika Anda tidak membutuhkannya saat menjalankan pada baterai, lebih baik di lepas saja
9. Matikan Scheduled Tasks
Sebagian besar program yang ditetapkan di eksekusi otomatis ketika sistem idle. Ketika menginstal aplikasi beberapa dari mereka mengatur diri mereka sendiri untuk eksekusi otomatis atau update secara otomatis. Hati-hati memeriksa semua jenis aplikasi dari Task Scheduler dan mematikannya ketika Anda ingin mencegah program tersebut berjalan secara otomatis
10. Tutup Program yang tidak terpakai
Ini adalah salah satu yang paling jelas. Aplikasi berjalan di latar belakang meningkatkan penggunaan CPU. Semakin CPU berjalan lebih baterai akan boros. Periksa taskbar untuk melihat aplikasi yang berjalan dan tutup semua yang tidak diperlukan. Cobalah untuk tidak melakukan kegiatan daya-intensif sementara di baterai. Hindari multi-tasking dan bermain game berat.
10 tips di atas dapat dengan mudah memperpanjang dan meningkatkan umur baterai notebook Anda. Anda pasti akan melihat peningkatan yang sangat besar dalam stand by saat laptop Anda jika Anda melakukan semua ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan coment dibawah ini, kalo bisa kritik dan sarannya juga yah..