Inspirasi

Senin

20 cara tepat selamatkan bumi kita

20 cara tepat selamatkan bumi kita
BELAKANGAN, isu global warming alias pemanasan global ramai terdengar. Sudah selayaknya seluruh manusia mengubah kebiasaan buruk untuk menyelamatkan bumi. Dengan mengurangi pencemaran dan polusi, kita bisa mendapatkan bumi yang hijau.

Cara lain menyelamatkan bumi bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan dalam merawat kesehatan dan kecantikan. Mungkin cara ini sepele menurut Anda, tapi nyatanya berdampak positif bagi hijaunya planet ketiga dalam susunan tata surya ini. Ingin tahu cara lain untuk menghijaukan bumi? Berikut, Hero berbagi tip 20 langkah tepat dalam upaya menyelamatkan planet bumi.

Using your green bag

Mungkin selama ini Anda terbiasa membungkus barang dengan kantong plastik. Tahukah Anda, sampah plastik akan lama terurai? Nah, dalam rangka menyelamatkan bumi, Anda bisa memulainya dengan menggunakan kantong plastik green bag. Anda bisa mendapatkan kantong plastik biodegradable yang dapat hancur dalam waktu dua tahun di Guardian.

Saving your water

Penggunaan air sangat berpengaruh dalam upaya penyelamatan bumi. Hindarilah pemborosan air dan mulailah menggunakan leave on conditioner yang tidak perlu dibilas. Dijamin, selain rambut sehat, Anda pun telah menyelamatkan keberadaan air bersih di muka bumi.

Recycling your waste

Bagi Anda yang gemar bersolek, Anda pun bisa ikut menyelamatkan bumi. Caranya cukup mudah, yakni isi lagi bedak refill Anda dan tidak perlu membuang cashing-nya. Meski hanya hal kecil yang Anda lakukan, nyatanya Anda telah berpatisipasi dalam aksi go green.Saving the electrical

Mulailah mengehemat pemakaian listrik sejak dini, pagi hari matikan lampu, bukalah jendela, dan gunakan penerangan alami dari sinar matahari. 

Saving the ozone

Saat menggunakan wewangian, ada baiknya Anda menggunakan parfum atau hairspray jenis non-aerosol agar tidak semakin merusak bumi.

Taking your medicine properly


Untuk tidak semakin mencemari bumi, sebagai pasien yang baik, habiskan obat sesuai petunjuk dokter. Karena ketidakpatuhan pasien dapat menyebabkan semakin banyak obat terbuang dan mengotori bumi.

Using your recycle equipment

Loofah atau sisir non-plastik adalah produk yang bersahabat dengan bumi. Jadi, mulailah menggunakan sisir ini untuk merapikan rambut.

Separating garbage (organic and non-organic)

Memisahakan sampah organik dengan yang non-organik juga perlu Anda lakukan. Contoh bahan organic adalah kapas bekas untuk membersihkan make up setiap malam sedangkan contoh sampah non-organik adalah botol kosong bekas toner. Kedua jenis sampah tersebut harus dipisahkan.

Biking to work

Mengurangi polusi udara yang semakin menjadi, Anda melakukan langkah tepat dengan bersepeda menuju kantor, yang kini memang sedang tren. Pastinya, bumi akan lebih sehat.

Thinking before doing

Di sisi lain, hemat waktu dan biaya bisa Anda lakukan dengan mencatat apa saja yang ingin Anda bicarakan sebelum berbicara lewat telepon.

Burn your fat

Olahraga secara teratur akan sangat menyehatkan raga. Karenananya, lebih baik mencegah penyakit dengan berolahraga daripada mengobatinya yang tentu menghabiskan biaya lebih besar.

Planning tree

Wujud nyata menggaungkan aksi go green di lingkungan kerja bisa Anda lakukan dengan memelihara tanaman hijau.

Saving paper

Boks bekas kemasan kosmetik masih bisa dipakai untuk menyimpan cotton bud di tas atau uang receh sisa belanja. Oleh karena itu, jangan buang barang yang kira-kira masih bisa dipakai kembali.

Using non animal testing product

Dengan tidak membeli produk dari perusahaan yang melakukan animal testing, kita ikut berpartisipasi mengurangi penderitaan para satwa. Sebab, binatang juga harus dilindungi.

Using public transportation or car with 3 passenger

Daripada tiga mobil macet tiga jam, lebih baik naik mobil bertiga saja. Dengan mengikuti panduan ini, Anda termasuk pengendara yang taat mengikuti peraturan lalu lintas, contohnya tentang jalur 3 in 1.

Eating smart

Makan teratur dengan menu sehat bisa membuat tubuh bugar dan bebas dari berbagai kuman penyakit.

Using non-detergen soap

Busa banyak belum tentu lebih bersih. Detergen akan membuat air tanah menjadi basa. Oleh sebab itu, gunakanlah sabun detergen yang tepat.

Managing your time


Jangan menunda pekerjaan karena waktu berjalan terus, dan bumi terus berputar. Pergunakan waktu dengan tepat karena dengan demikian tak ada lagi pekerjaan yang tertunda.

Atur jarak kelahiran

Banyak anak belum tentu banyak rejeki. Pikirkan kesejahteraan anak dengan mengikuti keluarga berencana yang digaungkan pemerintah.

Educate your friend and family

Berbagi ilmu pengetahuan tentang menyelamatkan dunia, mengapa tidak? Ajaklah teman-teman dan keluarga Anda untuk menyelamatkan bumi sekarang juga. Karena kalau bukan kita yang menyelamatkan bumi, siapa lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan coment dibawah ini, kalo bisa kritik dan sarannya juga yah..